Thursday, April 5, 2012

Analisis Website Pemda Kabupaten Pidie Jaya (Aceh)

A. Pendahuluan

Organisasi pemerintah yang berbasis kepada Teknologi Informasi menjadi hal yang sangat penting dalam abad ke 21 di era milineum ketiga ini. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu.
Kekuatan suatu organisasi pemerintahan akan sangat tergantung kepada informasi atau pengetahuan yang dimilikinya, informasi akan menjadi perekat unsur-unsur yang ada dalam suatu organisasi.
Sejalan dengan itu, peran dan fungsi pemerintah dalam kerangka mensosialisasikan kebijakan dan informasi yang cepat sangat mutlak diperlukan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan membuat suatu portal website. Dengan adanya website, informasi, komunikasi, dan transaksi antara masyarakat dan pemerintah dilakukan via internet. Sehingga ada beberapa manfaat yang dihasilkan seperti misalnya, komunikasi dalam sistem administrasi berlangsung dalam hitungan jam, bukan hari atau minggu. Artinya, pelayanan pemerintah pada masyarakat menjadi sangat cepat, service dan informasi dapat disediakan 24 jam sehari, tujuh hari dalam seminggu. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, bahkan mobile dimanapun tanpa harus hadir secara langsung. Fungsi ini disebut sebagai fungsi pelayanan pemberian informasi secara G2C (Government to Citizen). Fungsi lainnya adalah G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).


B. Fungsi & Manfaat Situs Resmi Pemerintah Daerah
Beberapa fungsi dan manfaat dari adanya website atau situs remi Pemerintah Daerah ini, antara lain :
  • Memperkenalkan dan mempromosikan kelebihan yang ada baik sumber daya alam maupun produk hasil bumi suatu daerah tertentu, agar dapat diketahui secara luas baik dalam skala nasional maupun internasional agar dapat menarik minat investor dalam negeri atau investor asing menanamkan modal di wilayah Pemerintah Daerah.
  • Memperlihatkan secara nyata kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam melaksanakan urusan pemerintahan kepada masyarakat umum secara luas.
  • Tersedianya sarana interaksi langsung antara Pemerintah Daerah dan masyarakat, terutama para perantau dari daerah asal yang ingin memperoleh informasi secara langsung akan perkembangan pembangunan di daerah asalnya dengan tersedianya konten berita dan forum.
  • Memberitakan produk-produk hukum yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) yang dapat dilihat oleh masyarakat umum.
  • Menjadi indikator dan barometer bagi pembangunan daerah dari suatu Pemerintah Daerah tertentu dengan Pemerintah Daerah lainnya, sehingga tiap daerah terpacu untuk membangun wilayah daerahnya masing-masing, dan memperluas wawasan Pemerintah Daerah akan informasi-informasi baru dari daerah lainnya.
Dari beberapa fungsi di atas, dapat diketahui bahwa informasi yang cepat dan tepat mempengaruhi perkembangan suatu daerah dalam skala regional, nasional maupun internasional.


C. Analisis Website Pemda Pidie Jaya
www.pidiejayakab.go.id adalah situs resmi pemerintah daerah Kabupaten Pidie Jaya yang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Aceh. Website ini ditujukan untuk masyarakat umum yang ingin mengakses informasi tentang Kabupaten Pidie Jaya.
1. Tampilan
Homepage atau tampilan awal merupakan salah satu yang akan mampu menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi pengunjung dari sebuah website. Dilihat dari segi tampilan, website ini memiliki tampilan yang standar seperti website-website pemerintah daerah pada umumnya, jadi untuk website pemerintah Kabupaten Pidie Jaya ini tidak ada hal istimewa yang dapat dijadikan sebagai ciri khas yang membedakannya dengan website dari pemerintah daerah lainnya.

2. Fitur
Fitur yang tersedia pada website ini bisa dikatakan cukup lengkap dengan berbagai link-link yang akan langsung menghubungkan kita kepada halaman yang ingin kita tuju. Misalnya bila kita ingin membaca tentang sejarah Pidie Jaya, motto, visi dan misi, dan lain sebagainya, kita hanya perlu menge-klik link yang bertuliskan hal tersebut untuk mendapatkan halaman yang memuat konten tersebut. Berikut gambar dari tampilan fitur dari website Kabupaten Pidie Jaya :


3. Kelebihan
  • Ada fasilitas search engine untuk mencari informasi yang kita inginkan.
  • Adanya peta situs (disini dinamakan dengan data-base) sehingga memudahkan kita untuk mengetahui isi dari web.
  • Terdapat poling jajak pendapat sehingga pemda dapat mengetahui pendapat masyarakat tentang data yang ingin diketahui pemerintah daerah Pidie Jaya.
  • Adanya forum untuk diskusi warga, sehingga masyarakat dapat mendiskusikan masalah-masalah yang sedang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya.
  • Terdapat Peta Kabupaten Pidie Jaya (Download), hal ini sangat bermanfaat bagi pengunjung khususnya bagi pendatang baru yang belum mengetahui sama sekali tentang tempat-tempat di Kabupaten Pidie Jaya.
  • Terdapat link berita daerah maupun nasional :


4. Kekurangan
  • Berita kurang Up to Date, terlihat pada akses terakhir pada saat mau mem-publish postingan ini yaitu tanggal 6 April 2012, tapi berita terakhir adalah 29 Februari 2012. Jadi sudah lebih dari sebulan website tersebut tidak di-update.
  • Layout web kurang menarik
  • Tidak adanya penghitung jumlah pengunjung
  • Tidak adanya buku tamu
  • Tidak adanya pilihan bahasa bagi pengunjung luar negeri, hanya ada bahasa Indonesia
5. Kesimpulan
Setelah menelusuri website pemda Pidie Jaya, saya dapat menyimpulkan beberapa hal yang diantaranya :
  • Website ini sekilas cukup mempermudah masyarakat yang ingin mengetahui sekilas tentang Kabupaten Pidie Jaya beserta pemerintahannya, namun hal ini tidak akan berfungsi apabila masyarakatnya melek teknologi. Jadi perlu diadakannya sosialisasi website kepada masyarakat daerah. Fungsi dari G2C (Government to Citizen) terlaksanakan.
  • Berita-berita yang kurang up date membuat masyarakat khususnya masyarakat luar daerah menjadi tidak tahu info atau kejadian terkini dari pemerintah Kabupaten Pidie Jaya
  • Jika dilihat dari konteksnya isi dari website ini memang telah seusai dengan visi dan misi, namun tidak adanya interaksi sama sekali dalam website ini, informasi yang diberikan hanya bersifat publish saja. Forum yang disediakan tidak efektif karena kurang tanggapan.
  • Tampilan website yang terkesan kaku, menjadikan web ini kurang menarik perhatian pengunjung atau masyarakat.
6. Saran
Dari uraian-uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Website Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dengan tampilannya yang cukup baik dan informasi sudah memadai namun tidak dapat memberikan akses yang memadai bagi masyarakat karena website ini baru dalam tahapan publish, belum terdapat interaksi sama sekali dan informasi yang disampaikan pun tidak bersifat aktual, maka disini dibutuhkan peningkatan kualitas website dengan memberikan akses bagi masyarakat untuk berinteraksi secara online dengan pemerintah karena untuk menciptakan good governance membutuhkan e-gov yang baik.