Thursday, August 1, 2013

Informasi Arus Mudik


Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas di beberapa titik rawan kemacetan di sepanjang jalur mudik. Hal ini untuk memperlancar arus perjalanan para pemudik menuju kampung halamannya. 

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Pudji Hartanto mengatakan, setiap jalur, baik itu Pantura, jalur tengah maupun jalur selatan memiliki titik rawan kemacetan. Untuk jalur Pantura, kemacetan biasanya terjadi di persimpangan Cikampek, Mutiara, dan Jomin. Selain itu, wilayah Ciasem juga mejadi lokasi langganan macet. 

Sementara, untuk jalur tengah, wilayah langganan macet terjadi di ruas Jalan Sadang. Jalan ini biasanya menjadi jalur alternatif jika terjadi kepadatan di Pantura. 

"Untuk jalur selatan, titik rawan macet biasanya terjadi di Nagrek, Simpang Gadog Malangbong dan Tanjakan Gentong," kata Pudji saat ditemui disela acara mudik gratis yang diselanggarakan PT Jasa Raharja, Kamis (1/8/2013). 

Pudji mengatakan, rekayasa arus yang akan dilakukan Polri yakni dengan cara mengalihkan arus kendaraan dari jalur utama ke jalur alternatif jika volume kendaraan mulai meningkat. Nantinya, para petugas yang berjaga di sejumlah titik lokasi macet akan membantu proses pengalihan jalur tersebut. 

"Apabila di daerah itu terjadi kemacetan, maka akan dibuang ke jalur alternatif yang sudah dijaga oleh petugas tentunya. Tetapi, yang terpenting harus tetap waspada dan hati-hati," katanya.

Untuk mempermudah koordinasi saat terjadi kepadatan lalu lintas, pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah pihak, di antaranya Jasa Marga dan Dinas Perhubungan. 

"Koordinasi dengan anggota pasti. Sebelum diterjunkan, mereka sudah dilatih terlebih dahulu. Nantinya di setiap wilayah ada seorang perwira pengendali yang akan menginstruksikan kepasa seluruh anggota di wilayah tersebut,"

No comments:

Post a Comment