Thursday, September 26, 2013

Luar Biasa, Tunawisma Jujur, Kembalikan Rp400 Juta Dapat Hadiah Rp1,3 M

 
Uang dollar AS (ilustrasi)Kebaikan berbuah manis. Seorang tunawisma di Boston, Amerika Serikat yang mengembalikan uang temuan senilai lebih dari Rp400 juta mendapatkan imbalan lebih dari Rp1 miliar. Uang ini adalah hasil donasi dari rakyat AS yang kagum dengan kejujuran pria ini.




Diberitakan Daily Mail, Kamis 19 September 2013, pria yang sebelumnya anonim ini diketahui bernama Glen James. Kakek tua ini mengembalikan tas yang dia temukan pada polisi. Dalam tas itu, ada uang tunai US$2.400, setara Rp27,3 juta, dan Cek Perjalanan American Express senilai US$39.500 atau hampir Rp450 juta.

Berita kebaikan James tersebar di media. Seorang manajer akuntan di Virginia, Ethan Whittington, memutuskan untuk menggalang dana di internet sebagai hadiah untuk James pada Senin sore lalu. Hasilnya mengejutkan. 

Empat hari berselang, tercatat lebih dari 4.000 orang telah mendonasikan uang untuk James. Totalnya saat ini sudah lebih dari US$118.000 atau sekitar Rp1,3 miliar, dan masih terus bertambah. Beberapa orang bahkan berniat mendonasikan komputer, pakaian, makanan dan yang lainnya.

Awalnya, target donasi hanya US$50.000. Namun melihat antusiasme donatur yang terus bermunculan, dalam dua hari target terpenuhi. Akhirnya Whittington meningkatkan targetnya menjadi US$250.000, lebih dari Rp2 miliar.

"Saya tidak menyangka. Saya senang sekali. Melakukan sesuatu demi seseorang yang tidak kau kenal, ini luar biasa," kata Whittington.

Dia mengatakan bahwa seluruh uang tersebut akan diserahkan pada James. Sebelumnya, dia juga mendapatkan penghargaan dari Komisaris Polisi Boston Edward Davis Senin lalu, atas "kejujuran dan karakter yang luar biasa".

No comments:

Post a Comment