Thursday, September 26, 2013

Ternyata Barack Obama Takut Istri

Presiden AS Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama berdansa. VIVAnews - Kendati menjadi orang nomor satu di negara adikuasa, namun Presiden Barack Obama tetap takut terhadap seseorang, yakni istrinya, Michelle Obama. Sebuah momen usai Obama memberikan pernyataan di hadapan Sidang Umum Majelis PBB di New York, membuka hal itu.

Laman DailyMail, Selasa 24 September 2013, mengungggah sebuah video hasil rekaman kantor berita CNN yang memuat pengakuan Obama berhenti merokok karena takut pada Michelle. Usai berpidato, Obama terlihat berbincang dengan salah satu pejabat Dewan Keamanan PBB, Maina Kiai.

Obama rupanya tidak menyadari bahwa mikrofon kecil yang dipakainya masih dalam keadaan menyala. Pengakuan itu berawal ketika Obama lebih dulu menanyakan kebiasaan merokok Kiai.  "Saya harap Anda sudah berhenti merokok," ujar Presiden ke-45 AS itu memulai percakapan.

"Kadang," kata Kiai saat ditanya Obama apakah dia telah berhenti merokok.

Namun, saat ditanya balik hal yang sama oleh Kiai, Obama mengaku telah berhenti merokok selama enam tahun.  "Itu semua karena saya takut terhadap istri," kata Obama sambil tersenyum.

Keputusan Michelle melarang sang suami bukan tanpa alasan. Pasalnya dia kerap mengakampanyekan kesehatan publik.

Namun, dia tidak malu membuka rahasia soal kebiasaan suaminya yang dulu seorang perokok. Michelle juga tegas meminta suaminya itu untuk segera berhenti, namun tidak pernah memaksanya.

"Ketika seseorang mencoba melakukan hal yang benar, maka Anda jangan pernah menyulitkan dia," ujar Michelle kepada media seperti dikutip laman Al Arabiya.

Kebiasaan merokok Obama dan upayanya untuk berhenti selama menjadi topik favorit oleh media AS, bahkan sejak awal dia mulai berkampanye di pemilu tahun 2008 silam. Di tahun pertamanya menjabat sebagai Presiden, Obama mengungkap, dia baru berhenti 95 persen dari kebiasaan buruknya itu.

Dia menyebut, kadang masih sering mencuri-curi merokok apabila sedang stres karena masalah pekerjaan.

Di tahun 2010, Juru Bicara Gedung Putih, Robert Gibbs, mengatakan bosnya itu sudah mulai berhenti merokok selama enam bulan. Obama sendiri mengaku tidak pernah merokok di depan kedua putrinya, Sasha dan Malia.

Pernyataan Obama yang mengungkap bahwa dirinya tidak merokok selama enam tahun, bertentangan dengan kalimat Michelle pada Februari 2011 silam. Saat itu dia mengatakan Obama baru berhenti menjadi perokok selama setahun.