Saturday, March 31, 2012

Profil Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh 2012-2017 Beserta Visi dan Misinya

Setelah mengalami penundaan, pelaksanaan Pilkada Aceh akan segera dihelat pada tanggal 9 April 2012. Ajang pesta demokrasi rakyat tersebut beberapa kali terpaksa harus ditunda pelaksanaanya disebabkan oleh beberapa hal, yang diantaranya adalah sempat terjadinya gangguan keamanan di Aceh dengan sejumlah aksi kekerasan menggunakan senjata api terjadi hingga merenggut korban nyawa, aksi tersebut dilatar belakangi oleh Pilkada itu sendiri.
Pilkada Aceh diyakini nantinya akan berjalan dengan damai, karena para kandidat, yaitu lima calon gubernur dan wakil gubernur serta sejumlah calon bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota telah meneken deklarasi pilkada damai di Aceh. Kandidat diminta berkompetisi secara fair dan tidak saling intimidasi. Penandatangan deklarasi damai ini telah digelar di Masjid Baiturahman Banda Aceh, pada Rabu (14/3/2012). Mereka berikrar untuk tetap menjaga perdamaian dan menghormati hasil pilkada.
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh yang alkan digelar pada tanggal 9 April 2012 nanti itu akan dilaksanakan serentak dengan pilkada 17 bupati/wali kota dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh.
Yang paling menjadi sorotan publik pada saat ini adalah siapakah yang nantinya akan menduduki tampuk kekuasaan tertinggi di Aceh tersebut. Karena ke 5 calon gubernur dan wakil gubernur pada pilkada Aceh kali ini memiliki kekuatan tersendiri yang tidak dapat dipungkiri lagi akan dapat membingungkan para pemilih nantinya.
Dari lima kandidat calon gubernur dan wakil gubernur, terdapat tiga calon jalur perseorangan (independen) dan dua calon jalur partai. Para calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh pada Pilkada Aceh 2012 bisa dikatakan sangat bervariasi, karena datang dari berbagai kalangan, mulai dari ulama kharismatik, akademisi, tokoh politik Aceh, mantan gubernur, dan mantan wakil gubernur, mereka ikut ambil bagian dalam mencoba peruntungannya untuk bisa menjadi orang No. 1 di Aceh.
Dan berikut profil 5 calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh pada Pilkada Aceh 2012 sesuai dengan nomor urut :
  1. Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah
  2. Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan
  3. Darni M Daud-Ahmad Fauzi
  4. Muhammad Nazar-Nova Iriansyah
  5. Zaini Abdullah-Muzakkir Manaf
Klik nama kandidat untuk melihat profil!!!