Saturday, March 31, 2012

Profil Muhammad Nazar-Nova Iriansyah

Pasangan Nomor Urut Empat (Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai SIRA)
Pasangan Muhammad Nazar dan Nova Iriansyah mendapat nomor urut 4. Pasangan ini melaju dengan percaya diri yang tinggi karena merupakan satu-satunya pasangan yang diusung tiga partai sekaligus, pasangan ini diusung oleh koalisi Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai SIRA.
Sebelumnya, Muhammad Nazar adalah wakilnya Irwandi Yusuf. Belakangan, keduanya "cerai" dan saling menggandeng pasangan baru. Nazar pun menggaet Nova Iriansyah sebagai calon pendampingnya.
Pasangan ini baru memastikan mendaftar hanya beberapa jam sebelum pendaftaran ditutup pada 7 Oktober 2011. Situasi politik yang serba tak pasti ketika itu, membuat  keputusan diambil saat-saat terakhir.
Lahir di Ulim, Pidie, pada 1 Juli 1973, Muhammad Nazar adalah mantan Ketua Sentral Informasi Referendum Aceh (SIRA). Setelah perjanjian damai ditandangani, SIRA bermetamorfosis menjadi partai lokal. Nazar sendiri duduk sebagai Ketua Dewan Pembina partai lokal bentukan mantan aktivis ini.
Nazar banyak bergabung di organisasi. Ketika itu, aktivitasnya di SIRA yang menuntut referendum untuk Aceh kerap membuatnya berurusan dengan polisi. Ia pun pernah dua kali dijebloskan ke penjara. Seperti Irwandi, Nazar mendapat amnesti setelah perjanjian damai ditandatangani.
Nazar menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S1) di IAIN Ar-Raniry jurusan Bahasa dan Sastra Arab pada 1997. Setahun kemudian, ia mengambil program Non Gelar Sarjana Purna Ulama di IAIN Ar-Raniry.
Sedangkan Nova Iriansyah adalah mantan Ketua Partai Demokrat Aceh. Lelaki kelahiran Banda Aceh, 22 November 1963 ini berlatar belakang pengusaha. Usai menamatkan S1 di Institute 10 November Surabaya pada 1988, Nova melanjutkan program magister di Institute Teknologi Bandung dan selesai pada 1998.

H. Muhammad Nazar, S.Ag
Tempat/tgl lahir : Pidie Jaya, 1 Juli 1973.
Jabatan terakhir : Wakil Gubernur Aceh.
Pendidikan : MIN Tanjong Ulim Pidie Jaya tahun 1986, MTsN Bandar Dua Pidie Jaya tahun 1989, Madrasah Aliyah Negeri  Ulim Pidie Jaya tahun 1992, Strata Satu (S1) IAIN A-Raniry Fakultas Adab Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (ASA) Banda Aceh tahun 1997, Program Non Gelar Sarjana Purna Ulama IAIN Ar-Raniry tahun 1998.

Ir. Nova Iriansyah, MT
Tempat/tgl lahir : Banda Aceh, 22 November 1963.
Jabatan terakhir : Anggota DPR RI.
Pendidikan : TK Persit KCK Banda Aceh tahun 1970, SD Negeri 3 Takengon tahun 1976, SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun 1979, SMA Negeri 1 Banda Aceh tahun 1982, Sarjana Teknik Arsitektur (S1) Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya tahun 1988, Magister Teknik Arsitektur (S2) Institut Teknologi Bandung Tahun 1998.


Visi : Tegaknya perubahan dan pembangunan yang menyelamatkan serta menyejahterakan menuju negeri Aceh yang aman, damai, maju, berkeadilan, bermartabat dan berperadaban (baldatun thaiyyibatun wa rabbun ghafur) serta mencapai kemenangan dunia-akhirat.

Misi :
  • Membangun masyarakat yang beriman, berkualitas, produktif, berkeadilan pro-pembangunan dan berperadaban sebagai kekuatan perubahan serta pembangunan yang benar, menyelematkan dan menyejehterakan secara berkelanjutan.
  • Membangun berbagai kebutuhan fundamental yang menyelamatkan serta menyejahterakan rakyat secara berkelanjutan.
  • Normalisasi dan membangun pemerintahan yang benar sesuai undang-undang serta kearifan Aceh di semua level menuju good corporate governance dan clean government secara berkelanjutan dan berkarakter.
  • Normalisasi penegakan hukum, pembinaan politik serta keamanan yang benar dan tanpa diskriminasi baik dalam rangka mencegah penyimpangan, seperti korupsi dan kolusi maupun menjamin ketertiban serta kedamaian rakyat.
Referensi : kip-acehprov.go.id, atjehpost.com, www.suara-tamiang.com