Friday, October 26, 2012

Pentingnya Investasi Bagi Sebuah Negara


Banyak Negara yang melakukan kebijaksanaan yang bertujuan untuk meningkatkan investasi pada Negara tersebut.Bahkan kalaupun diperkirakan model dalam negeri kurang mampu meningkatkan investasi, pemerintah tidak segan-segan mengundang pihak asing untuk melakukan investasi pada Negara itu. Mengapa pemerintah melakukan hal ini?  Sebabnya  tidak  lain  adalah  kegiatan  investasi  akan  mendorong  pula  kegiatan ekonomis suatu Negara. 

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan investasi. Diantaranya adalah penyerapan  tenaga kerja, peningkatan output yang dihasilkan, penghematan devisa atau penambahan devisa dan lain sebagainya. Yang jelas kalau kegiatan  investasi meningkat, maka kegiatan ekonomi pun  ikut  terpacu pula. Tentu  saja apabila kegiatan investasi ini merupakan investasi yang sehat, arti sebenarnya secara ekonomis menguntungkan. Bukan kegiatan investasi yang nampaknya menguntungkan”, tetapi sebenarnya mendapatkan berbagai fasilitas, sehingga tidak sehat bagi perekonomian Negara itu. 

Disini kita menggunakan pengertian proyek investasi sebagai suatu rencana untuk menginvestasikan sumber-sumber daya yang bisa dinilai secara cukup menginvestasikan sumber-sumber daya yang bisa dinilai secara cukup independen. Proyek itu bisa merupakan proyek raksasa bisa juga proyek kecil. Karakteristik dasar dari suatu pengeluaran modal (atau  proyek) adalah bahwa proyek itu umumnya memerlukan pengeluaran saat ini  untuk memperoleh manfaat dimasa yang akan datang. Manfaat ini bisa  berwujud  manfaat  dalam  bentuk  uang,  bisa juga tidak. Pengeluaran modal itu misalnya berbentuk pengeluaran untuk tanah, mesin,  bangunan,  penelitian  dan pengembangan, serta program-program latihan. 

Dalam akuntansi, pengeluaran modal ini biasanya dimasukkan ke dalam aktiva-aktiva yang ada dalam  neraca. Sejuh  bisa dilakukan konsistensi dalam perlakuan, maka umumnya pengeluaran-pengeluaran ini  merupakan  biaya-biaya yang ditunda pembebanannya, dan dibebankan pertahun lewat proses penyusunan  (kecuali  untuk tanah). Dipandang dari sudut perusahaan, maka proyek atau kegiatan yang menyangkut pengeluaran modal (capital expenditure) mempunyai anti yang sangat penting karena : 
  1. Pengeluaran modal mempunyai konseksuensi jangka panjang. Pengeluran modal akan membentuk kegiatan perusahaan dimasa yang akan datang dan sifat-sifat perusahaan dalam jangka panjang. 
  2. Pengeluaran modal umumnya menyangkut jumlah yang sangat besar. 
  3. Komitmen pengeluaran modal tidak mudah untuk diubah. Pasar untuk barang-barang modal  bekas,  mungkin  tdak  ada  terutama  untuk  barang-barang  modal  yang  sangat khusus sifatnya. Karena itu, sulit untuk mengubah keputusan pengeluaran modal.