Sunday, March 10, 2013

Sekilas Pengertian dan Pengetahuan Tentang TOEFL


APA ITU TOEFL?
TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan sebuah tes bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tes TOEFL digunakan sebagai alat untuk mengukur kemampuan seseorang sampai sejauh mana kemampuan bahasa Inggrisnya. Ada empat kemampuan yang diukur dalam TOEFL, yakni Listening Comprehension (pemahaman dalam mendengarkan), Structure and Written Expression (pemahaman struktur dan ungkapan), Reading Comprehension (pemahaman membaca), dan Writing Comprehension (pemahaman menulis). TOEFL ini sendiri diorganisir oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat yang bernama ETS (Educational Testing Service).


PERLUASAN PENGGUNAAN TOEFL
Seiring perkembangan zaman, bahkan negara-negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, seperti Jepang, Korea, India, Malaysia, Indonesia, dll mensyaratkan TOEFL Score tertentu bagi calon mahasiswanya, baik yang datang dari dalam negeri, apalagi jika berasal dari luar negeri. Di Indonesia, TOEFL bahkan digunakan juga untuk :
  1. Persyaratan bagi penerimaan karyawan baru di instansi pemerintah, perusahaan pemerintah dan swasta.
  2. Syarat penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang S2 dan S3.
  3. Syarat pengajuan beasiswa, baik dari pemerintah maupun swasta, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Nah, bagi mahasiswa pemburu beasiswa yang ingin melanjutkan studinya keluar negeri, calon mahasiswa harus memiliki standar nilai TOEFL yang sudah ditetapkan oleh masing-masing universitas diluar negeri tersebut. Misalnya TOEFL score minimal untuk negara-negara di Eropa dan Australia adalah 500 (minimum), sedangkan TOEFL score Amerika adalah disyaratkan 550 (minimum).


PERKEMBANGAN TOEFL
TOEFL sendiri sudah beberapa kali mengalami penyempurnaan oleh lembaga penyelenggaranya, ETS. Bentuk-bentuk TOEFL Test yang pernah diperkenalkan ke publik yaitu :

TOEFL Paper Based Test
Terdiri atas 3 section : Listening, Structure, and Reading
Maximum Score : 677

TOEFL Computer Based Test
Terdiri dari 4 Section : Listening, Structure, Reading, Writing
Maximum Score : 300

TOEFL Internet Based Test
Terdiri dari 4 section : Listening, Reading, Writing, Speaking.
Maximum score : 120

Meskipun resminya, sejak TOEFL Internet Based Testdiperkenalkan di seluruh dunia, maka jenis sebelumnya tidak berlaku lagi, tetapi kenyataannya sampai saat ini, TOEFL Paper Based Test masih digunakan secara luas di berbagai lembaga pendidikan tinggi maupun untuk rekrutmen karyawan di Indonesia, atau di negara-negara yang bukan berbahasa Inggris.


INGIN NILAI TOEFL TINGGI (500 sampai 600) ???
RAHASIANYA SILAHKAN

No comments:

Post a Comment