Thursday, June 27, 2013

[Media_Nusantara] Pengamat intelijen, AC Manullang : Persaingan Cina-AS, Picu Konflik Sampang

 

Pengamat intelijen, AC Manullang : Persaingan Cina-AS, Picu Konflik Sampang

itoday - Konflik di Sampang yang mengakibatkan terbakarnya pesantren milik Syiah tidak bisa dilepaskan persaingan Amerika Serikat (AS) dan Cina dalam memperebutkan gas di Madura. 

"Saya menduga, konflik ini bukan hanya faktor perselisihan Sunni-Syiah, tetapi ada kepentingan besar yang menginginkan Madura menjadi tempat konflik, karena saat ini, Cina sudah menguasai kawasan ini terutama sektor gas," kata pengamat intelijen, AC Manullang

AC Manullang mensinyalir AS tidak suka keberadaan Cina yang sudah menguasai sumber gas di Madura. "Yang paling mudah dimunculkan konflik di Madura antara Sunni dan Syiah, ini skenario AS saja," ujarnya.

Menurut AC Manullang, setelah konflik Sunni-Syiah, ada kemungkinan di pulau penghasil garam ini memunculkan sentimen anti Cina. "Isu anti Cina juga paling mudah disulut di Madura karena saat ini, perekonomian Madura di kuasai Cina dan kecemburuan ini sudah lama terpendam," papar Manullang.

Kata Manullang, keberadaan jembatan Suramadu menjadi bukti kekuataan Cina yang akan menguasai wilayah Madura. "Jembatan Suramadu yang dibangun atas biaya Cina menunjukkan negara ini mempunyai kepentingan yang sangat besar terhadap wilayah Madura," pungkasnya.


Konflik Sampang diduga terkait kepentingan eksplorasi migas ? coba perhatikan di Peta, desa Karang Gayam Sampang (kampung syiah) masuk dalam Madura Onshore dan diduga ada area minyak dan gas di perkampungan Syiah tsb

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment