Monday, June 17, 2013

[Media_Nusantara] Terjadi Penurunan Sikap Jujur Pada Remaja

 

 
18 Juni 2013 | 12:12 wib
 
 
Terjadi Penurunan Sikap Jujur Pada Remaja
 

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Fenomena yang terjadi di masyarakat memperlihatkan telah terjadi penurunan sikap jujur, rukun dan hormat pada remaja. Hal tersebut tercermin dengan maraknya perilaku menyontek maupun plagiasi, perkelahian antarkelompok atau tawuran remaja, serta sikap remaja yang kurang unggah-ungguh kepada orang tua maupun orang yang lebih tua.

Karena itu, nilai jujur, rukun, dan hormat menjadi nilai-nilai yang dipandang penting oleh para orang tua untuk ditransmisikan kepada anak. Orang tua tentu terus berupaya mengajarkan nilai-nilai jujur, rukun, dan hormat kepada anak melalui proses pengasuhan dalam keluarga.

Sri Lestari SPsi MSi dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta mengatakan, hubungan orang tua dan anak menjadi jalur transmisi nilai dari orang tua kepada anak. Nilai jujur, katanya, menjadi nilai yang paling sulit ditransmisikan dibanding nilai rukun dan hormat.

Nilai jujur yang telah disampaikan oleh orang tua pada anak, sulit diketahui penerimaan dan penerapannya pada anak.

"Pemantauan orang tua sekalipun tidak dapat berfungsi untuk mengetahui kejujuran anak," katanya di Fakultas Psikologi UGM menjalani ujian terbuka program doktor Ilmu Psikologi.

Hasil survei terhadap 116 keluarga yang terdiri ayah, ibu dan anak remaja di Surakarta menyatakan, bila praktek pengasuhan di keluarga memperlihatkan orang tua melakukan transmisi nilai jujur, rukun dan hormat, dengan harapan agar nilai-nilai tersebut dapat dijadikan panduan bagi anak dalam berperilaku.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___