Monday, March 4, 2013

Makmun Ibnu Fuad : Bupati Termuda di Indonesia



Diusianya yang baru menginjak umur 26 tahun 4 bulan, Muhammad Makmun Ibnu Fuad menjadi bupati termuda di Indonesia. Pria kelahiran Jakarta 17 Agustus 1986 yang akrab disapa Ra Momon tersebut berhasil memenangkan Pilbup Bangkalan pada tanggal 12 Desember tahun 2012 yang lalu.

Bersama dengan pasangannya Mundir Rofi'I, mulai hari ini (04/03/13) secara resmi mereka menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan periode 2013-2018, setelah dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan juga disaksikan langsung oleh mantan Wakil Presiden keenam Try Sutrisno, kemudian mantan Menteri Dalam Negeri R. Hartono, dan juga raja-raja kesultanan Nusantara.

Dalam memuluskan jalannya untuk menjadi orang nomor satu di Kabupaten Bangkalan, Makmun Ibnu Fuad beserta dengan pasangannya yang bernomor urut 3 tersebut mendapatkan kekuatan dari sejumlah parpol berlebel elit yang ada di Indonesia. Terdapat 9 parpol yang berkoalisi mendukung duet maut Makmun Ibnu Fuad dan Mundir Rofi'I, yaitu; Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat (PD), PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Gerindra, Hanura, Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Golkar.

Berdasarkan hasil rekapitulasi pada Senin, 11 Desember 2012, Ra Momon dan Mondir meraup sejumlah suara yang sangat signifikan, yaitu 505 ribu suara. Sedangkan lawan terberatnya, Nizar Zahro-Zulkifli, hanya mampu memperoleh 34 ribu suara. Dengan hasil tersebut akhirnya Ra Momon dan Mondir dinyatakan keluar sebagai pemenang.

Ra Momon, yang juga keturunan ulama besar Madura, K.H. Mohammad Kholil Bangkalan, mengaku bahagia, apalagi kemenangannya diraih hanya dengan satu putaran saja. Dan diusianya yang masih belia ini, ia berharap agar mampu memajukan Bangkalan dibawah pusat komandonya. Kemudian ia juga ingin meneruskan program-program yang belum sempat diselesaikan oleh bupati sebelumnya yang merupakan ayahnya sendiri, yaitu Fuad Amin yang sudah menjabat Bupati Bangkalan selama dua periode sebelumnya.

Trend bupati termuda di Indonesia sebenarnya bukanlah hal yang pertama kali terjadi. Ra Momon bukanlah bupati pertama yang mampu manyandang predikat sebagai bupati termuda. Terdapat sejumlah nama yang pernah berlabel sebagai bupati termuda, yakni; Bupati Batulicin, Kalimantan Selatan, Mardani Maming, yang berusia 28 tahun, Bupati Indragiri Hulu, Kepulauan Riau, Yopi Ariyanto, 30 tahun, kemudian ada pula bupati terpilih Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Neneng Hasanah Yasin, 31 tahun, dan terakhir sosok fenomenal yang tidak asing lagi di telingan masyarakat Indonesia yakni Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi, Zumi Zola, 32 tahun.

Sekarang Indonesia sudah memiliki Bupati termuda! Lalu kapan giliran Gubernur termuda? Atau bahkan Presiden termuda sekalian! MUNGKINKAH????? :)