Thursday, May 2, 2013

[Media_Nusantara] [Epistema Institute] Masukan Kritis Terhadap RUU Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat

 

Masukan Kritis Terhadap RUU Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat

 

Eksistensi masyarakat hukum adat mulai memudar seiring norma-norma hukum adat tidak lagi dianggap sebagai sesuatu hal yang sakral, tidak mengingat serta tidak berdampak secara yuridis. Namun, masih banyak kelompok-kelompok masyarakat hukum adat yang berusaha terus bertahan, eksis serta memperjuangkan hak dan menjalankan kewajiban yang mereka miliki.

 

Inilah yang menjadi alasan bahwa pembentukan Rancangan Undang-Undang Tentang Pengakuan dan Perlindungan Hak Masyarakat Hukum Adat penting untuk diwujudkan. Selain menjalankan amanat konstitusi, juga merupakan upaya untuk mempertahankan entitas dan kultur bangsa yang asli agar tidak tergurus dan memudar dimakan zaman.

 

Dan pada 15 April lalu, Epistema Institute bersama dengan Perkumpulan QBAR mengadakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Masukan-Masukan Kritis Terhadap Rancangan Undang-Undang Tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat.

 

Kegiatan ini diadakan untuk mengkritisi adanya perbedaan penafsran tentang keberadaan Masyarakat Hukum Adat (MHA). FGD ini dipandu oleh Nurul Firmansyah, S.H dan menghadirkan dua narasumber, yaitu Ilhamdi Taufik,S.H, M.H  dan  Prof. Yuliandri.

 

Materi FGD kedua narasumber antara lain :

-          Ilhamdi Taufik, S.H, M.H, Dosen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Andalas Padang, “Pengakuan dan Perlindungan bagi Masyarakat Hukum Adat”

-          Prof. Dr. Yuliandri, S.H, M.H, Fakultas Hukum Universitas Andalas, “Beberapa Catatan Terhadap Rancangan Undang-Undang Tentang Pengakuan Dan Perlindungan  Hak Masyarakat Hukum Adat”

 

Materi-materi yang disampaikan pada FGD ini dapat diunduh di http://epistema.or.id/masukan-ruu-mha/

 

 

 

Luluk Uliyah

Knowledge and Media Manager

Epistema Institute

Jl. Jati Mulya IV No.23, Jakarta 12540

HP. 0815 9480246

www.epistema.or.id

fb: Epistema Inst | t: @yayasanepistema

 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
MARKETPLACE


.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment